Selasa, 25 Oktober 2011

Wisata Alam, Goa Pindul, Goa Sie Oyot, Rafting Oya, Jembatan Batu Alam





Yogyakarta banyak menyimpan tempat - tempat yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Wisata Alam Gua Pindul (Cave Tubing) dan Goa Sie Oyot yang terletak di Dusun Gelaran II RT.1 & 2 Bejiharjo,Karangmojo Kab.Gunung Kidul Yogyakarta.

Gua Pindul merupakan satu dari rangkaian tujuh gua yang dialiri sungai bawah tanah di daerah Bejiharjo,masyarakat setempat menyebut tujuh sumber mata air; Mata air sungai Modal, Semurup, Plengkung alam Kedung Buntung, Gedang Tirto, Suroh, Sungai Pindul dan Gedong, dan masih ada gua yang mempunyai stalagmit & Stalagtit yang lebih bagus yaitu Goa Sie Oyot, Karang taruna Gelaran II yang melibatkan Dinas Pariwisata Gunung Kidul dan tokoh masyarakat (yang pertama-tama mengenalkan pada kita didunia maya), serta warga dusun sekitar, dengan pemandunya yang bertitle Wira Wisata siap mengantarkan wisatawan.

Kabupaten Gunungkidul memiliki topografi karst yang terbentuk oleh proses pelarutan batuan kapur. Bentang alam ini dikenal sebagai Kawasan Karst Pegunungan Sewu yang bentangnya meliputi wilayah kabupaten Gunungkidul, Wonogiri dan Pacitan.
Kabupaten Gunungkidul memiliki luas kawasan karst 13.000 km². Bentang alam kawasan karst Gunungkidul sangat unik, hal tersebut dicirikan dengan adanya fenomena di permukaan (eksokarst) dan bawah permukaan (endokarst). Fenomena permukaan meliputi bentukan positif, seperti perbukitan karst yang jumlahnya ± 40.000 bukit yang berbentuk kerucut. Bentukan negatifnya berupa lembah-lembah karst dan telaga karst.Fenomena bawah permukaan meliputi goa-goa karst (terdapat 119 goa) dengan stalaktit dan stalakmit, dan semua aliran sungai bawah tanah. Karena keunikan ekosistemnya, maka tahun 1993 International Union of Speleology mengusulkan agar Kawasan Karst Pegunungan Sewu masuk ke dalam salah satu warisan alam dunia.

Cave tubing / goa pinggul…eh…pindul

Gua Pindul memiliki panjang sekitar 300 m, lebar hingga 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5 m. Goa ini memiliki 3 zona. zona terang, zona remang, dan zona gelap. Panjang Goa Pindul sendiri kurang lebih 300 M dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Cavetubing hampir sama dengan rafting. Jika rafting (arung jeram) adalah kegiatan menyusuri aliran sungai dengan menggunakan perahu, maka cavetubing adalah kegiatan menyusuri gua
menggunakan ban dalam. Karena aliran air di Gua Pindul ini tenang maka melakukan cavetubing di Gua Pindul ini juga bisa dilakukan oleh pemula maupun anak kecil bahkan wanita hamil pernah.

Ditengah Gua, ada sebuah ruangan yang agak besar, dengan lubang diatasnya
yang warga setempat menyebut sumur terbalik, sinar matahari yang masuk melalui lubang ini membuat suasana semakin indah. Lubang diatas gua inilah dimana seringkali digunakan sebagai jalan masuk vertikal oleh anggota TIM SAR atau latihan.

Saat anda melakukan susur gua di Gua Pindul ini, anda akan menemukan sebuah stala
gtit yang sudah menyatu dengan stalagmit sehingga tampak seperti sebuah pilar dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa(Soko Guru)
. Stalaktit ini merupakan terbesar di Goa Pindul dan mempunyai peringkat no 4 di dunia. Stalagtit putting yg masih aktif siap menanti anda dengan tetesan airnya yang konon bisa bikin cantik n’ awet muda, bagi yg lelaki untuk menambah vitalitas telah ditunggu stalagtit jantan, anda cukup memegang aja udah terasa bedannya…tenane’ lek…. Bagi adik-adik di zona terang bisa berenang, lompat indah sambil lihat ikan cukup besar yg memamerkan keindahan tubuhnya.Ada juga Stalagmit dan stalagtit yang menyatu, menjadi yang terbesar ke-4 di dunia, butuh 5 orang untuk melingkarinya, bahkan celahnya hanya cukup dilewati satu orang saja. Besar ditengah-tengah Goa yang katanya sebagai tiang Goa.Keindahan semakin lengkap dengan adanya ornamen disepanjang dinding Goa seperti mahakarya lukisan abstrak yang tak ternilai. Mata kristal Kelelawar bergelantungan menghiasi lorong goa. Terdapat tirai juga yang tersusun dari tetesan air didinding Goa.

Petualang ekstrim goa sie oyot
Lokasi masih di Gelaran II Bejiharjo. Untuk menyusuri harus dg jalan kaki, Pertama masuk dg merangkak beberapa meter, di dalam goa, ada yg kering dan juga berair dg kedalaman dada orang dewasa, dengan jalan merunduk,berdiri dan masuk air kita akan dimanjakan dg pemandangan perut bumi yg dipenuhi stalagmit & stalagtit yang masih aktif, yaitu; putting,jantan,tirai,soko guru dan yang heboh kita akan mendengar air terjun yg deras tapi maaf anda tak bisa melihat karena berada dibalik dinding perut bumi. Setelah perjalanan yg cukup menegangkan anda diberi kesempatan untuk istirahat. Dilanjutkan menuju ruang yang cukup luas dg gugusan stalagtit yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan kata mas Nardi & mas Slamet ketua RT 02 sebagai pemandu Wira Wisata dengan keramah tamahannya kas dusun.
Tantangan Pertama : Panjang 900m, dengan durasi 45 – 60 menit
Rafting sungai oya
Panjang sungai 1500m dg durasi 1 – 2 jam. Sepanjang aliran sungai terdapat tebing-tebing yg indah dan alami kas batuan karst gunung kidul. Ada air terjun yg bilamana debit besar seperti Grand Canyon..Oke banget, masih ada lagi beberapa air terjun kecil yg tidak kalah eksotik. Bagi pengunjung yg bernyali dapat melompat dari atas air terjun dg ketinggian 3 – 5m atau jembatan kecil penghubung dusun Dungranti dg Gelaran seperti yg dilakukan wisatawan asing.
Jelajah alam sendang tujuhJelajah sendang 7, menjelajahi 7 sumber mata air sungai Modal, Semurup, Plengkung Alam Kedung Buntung, Gedang Tirto, Suroh, Sungai Pindul & Gedong.

Bumi perkemahan dan terapi ikan suroh
Di Sungai Suroh dapat digunakansebagai terapi ikan, ikan murni dari alam tanpa pemeliharaan. Terapi ikan hanya dapat dilakukan maks 2 – 3 org supaya proses terapi maksimal.

Wayang Beber Gelaran
Wayang Beber yang ada Gelaran Bejiharjo Karangmojo Gunungkidul DI Yogyakarta mempunyai nama: Wayang Beber KYai Remeng Mangunjaya. Pemiliknya adalah keturunan ke tujuh dari Kyai Remeng Mangunjaya yaitu Ki Supar.
''Wayang beber merupakan gambar, lukisan pada lembaran yg terbuat dari kulit tanaman, dan dimainkan oleh seorang dalang yang tinggal menceritakan saja isi atau urut-urutan ceritanya dari lukisan yang dibentangkan,'' ujar Rubiyem.

Dalang menceritakan gambar pada lembaran kertas ukuran 3,8 meter x 75 cm dibantu dengan alat penunjuk gambar terbuat dari kayu kecil sepanjang satu meter. Lalu dalang menunjuk gambar dan mulailah dia bercerita sesuai dengan lukisan yang ditunjuknya.

Wayang beber milik Rubinem merupakan warisan turun-temurun dari leluhurnya. Menurutnya, dia pewaris generasi ke-15 yang harus menjaga keutuhan peninggalan tradisional tersebut.

Wayang miliknya terdiri atas enam gulungan, namun hanya empat gulungan yang selama ini dipentaskan. Gambar dalam empat gulungan menceritakan perjalanan cinta Panji Asmorobangun dan Galuh Condrokirono yang berasal dari Babad Kediri. Dua gulungan lain tidak boleh dipentaskan atas permintaan para leluhur dengan alasan yang belum jelas.
Arkeolog Drs.M.M menerangkan bahwa Wayang Beber yang ada di Wonosari hadir kira-kira pada jaman Raffles (1811-1816). Wayang Beber Wonosari mempunyai persamaan dengan Wayang Beber Pacitan yaitu bahan dan cerita wayang yang berkisah pada kerajaan Kediri serta Majapahit.
Situs Megalitik Sokoliman

Terletak di Dusun Sokoliman II Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo. Situs ini terbentuk pada periode prasejarah berupa menhir, fragmen menhir dan dinding kubur batu. Tahun 1934 Jl Moens dan Van der Hoop mengadakan penelitian di situs ini dan menemukan bekal kubur yang berbentuk manik-manik, alat-alat besi, fragmen gerabah dan benda-benda perunggu. Terletak di kawasan dusun Gunungbang, desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo. Artefak yang tedapat pada situs ini adalah peti kubur batu, yang berukuran panjang 100 cm, lebar 75 cm dan diameter lubang 15 cm. Hal ini berkaitan dengan pengolahan hasil pertanian.
Lokasi Pre Wedding
Lokasi yang telah kami paparkan diatas cukup bagus sebagai tempat pemotretan Pre wedding dengan didukung keadaan alam yang berbeda – beda, air terjun, sungai dengan bebatuan yang exotic kas batu kapur, pohon – pohon besar yang tumbuh ratusan tahun diatas tanah Sultan Ground, mulut goa dengan danaunya yang indah dengan di kelilingi tebing vertical dengan rongga batu yang ditumbui tanaman layaknya bonsai, setengah danau kering dengan hamparan rumput hijau atau anda bisa melakukan pemotretan didalam goa tapi anda harus survey dulu.




1 komentar:

  1. Rest Area Jalur Wisata Solo – Pantai Indrayanti, Pantai Baron ... Rest Area Jalur Mudik Solo – Wonosari ...
    HUBUNGI: 085-628-444-56 / 085-227-623-449
    Aneka jajan & Oleh-oleh Grosir & Eceran ...
    (Singkong bakar, tempe kripik, gadung, stik balado, cumi sayur, lipetan, kripik singkong, manggar pedas, makroni, potato stik, kembang jambu, kacang, dll..)

    TOKO MOJOREJO - MOJOREJO MOTOR
    Jl. Raya Watukelir – Semin Gunung Kidul Km.3 Alascilik (Pule)
    Tegalgiri, Krajan, Weru, Sukoharjo
    (600 meter utara pasar Candirejo-Semin)
    Toko warna warni sebelah timur jalan.. Habis tanjakan dari arah solo setelah balai desa krajan..
    Buka sampai malam.. Hari Besar & Minggu tetap buka..

    Agar perjalanan anda tetap lancar kami sediakan:
    Ban Murah – Berkwalitas – Made In Indonesia
    2.25-17 = Rp. 65.000,-
    2.50-17 = Rp. 65.000,-
    2.75-17 = Rp. 65.000,-
    Sedia aneka macam olie:
    Shell Adv AX5, Shell Adv SX, Enduro 4T, Federal UT, Federal Flick, Castrol Go, Castrol Activ, Yamalube, Mesran, Evalube 2T, SGO 4T, Top1, AHM MPX1, AHM MPX2

    Kami sediakan untuk anda segala kebutuhan perkantoran & accesories perlengkapan sekolah, jam tangan gaul, kalkulator, perlengkapan pramuka, Fotokopi..

    BalasHapus